Apa itu Manajemen PPC dan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya?

Apa itu Manajemen PPC dan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya?

Pernahkah Anda mendengar tentang manajemen Pay-Per-Click (PPC)? Jika demikian, apakah Anda tahu cara kerjanya? Tahukah Anda bahwa PPC dapat membantu inisiatif periklanan perusahaan Anda?

Pada tahun 2022, sekitar 7 juta pengiklan berinvestasi dalam manajemen PPC. Investasi mencapai total mengejutkan $ 10,1 miliar. Tetapi angka-angka ini seharusnya tidak cukup untuk menarik.

Anda perlu memahami apa sebenarnya PPC dan bagaimana Anda mendapat manfaat darinya. Lagi pula, mengapa Anda harus berinvestasi di dalamnya, daripada hanya berpegang pada SEO?

Teruskan membaca di bawah ini karena kami memberikan ikhtisar komprehensif tentang PPC, dan mengapa bisnis Anda membutuhkannya:

Apa itu PPC?

Sebelum kita membahas manajemen PPC, mari kita definisikan dulu apa itu PPC. PPC adalah jenis model pemasaran internet. Ini melibatkan pengiklan yang membayar biaya tertentu setiap kali iklan mereka mendapatkan klik dari pengguna online.

Intinya, PPC tidak membantu perusahaan mendapatkan kunjungan organik. PPC membeli kunjungan tersebut untuk situs web Anda.

Salah satu bentuk PPC yang paling populer adalah iklan mesin pencari. Melalui metode ini, pengiklan dapat menawar untuk penempatan iklan. Penempatan ini ada di tautan yang disponsori mesin telusur.

Misalnya, perusahaan Anda menawarkan tas tangan; jadi Anda menawar kata kunci “tas berkualitas”. Melalui PPC, iklan Anda mungkin muncul di posisi teratas halaman hasil Google.

Setiap kali seseorang mengklik iklan Anda, PPC mengarahkannya ke situs web Anda. Pada gilirannya, Anda perlu membayar biaya minimal ke mesin pencari.

Jika Anda bertanya-tanya apakah membayar untuk $ 4 klik itu sepadan, jawabannya sangat tergantung pada efektivitas kampanye PPC. Bahkan jika sebuah klik dikenakan biaya $4, itu menjadi tidak signifikan setelah Anda menjual tas seharga $200.

Manajemen PPC: Bagaimana Cara Kerjanya?

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran tentang apa yang dimaksud dengan PPC, mari kita bahas apa itu manajemen PPC. Ini pada dasarnya melibatkan tim pemasar yang akan mengawasi strategi PPC perusahaan Anda. Tujuan tim manajemen mereka adalah untuk memastikan strategi PPC yang efektif dalam kaitannya dengan anggaran yang Anda miliki.

Sekarang mari kita lihat tugas khusus tim PPC:

Kata Kunci Penelitian

Harapkan tim PPC untuk melakukan riset kata kunci. Mereka akan mengidentifikasi kata kunci spesifik yang kemungkinan besar akan digunakan oleh target pasar Anda.

Optimalkan Kampanye

Harapkan tim manajemen untuk memantau struktur kampanye. Ini berarti mereka akan memastikan pengoptimalan kampanye. Mereka akan menggunakan kata kunci berkinerja terbaik untuk mengoptimalkan kampanye.

Mereka akan mengidentifikasi kata kunci yang menghasilkan penjualan atau konversi terbanyak. Mereka akan menyesuaikan kembali anggaran Anda dan menyalurkan lebih banyak dana ke kata kunci tersebut.

Saluran Target

Pakar PPC juga harus menargetkan saluran media utama. Saluran ini termasuk media sosial, jaringan tampilan, Iklan Bing, dan Iklan Google.

Google Ads menarik jumlah lalu lintas terbanyak. Ini berarti dapat memberikan jumlah klik terbanyak untuk iklan Anda.

Karena tim PPC kemungkinan akan menggunakan Google Ads, mereka perlu fokus pada tiga hal: relevansi kata kunci, kualitas halaman arahan, dan skor kualitas.

Relevansi kata kunci mengacu pada teks iklan yang tepat, grup kata kunci yang ketat, dan daftar. Ini harus relevan dengan kampanye Anda.

Kualitas halaman arahan mengacu pada halaman arahan yang relevan dan persuasif. Halaman ini harus memiliki ajakan bertindak yang jelas.

Sementara itu, skor kualitas adalah peringkat Google untuk kampanye, halaman arahan, dan pilihan kata kunci Anda. Semakin tinggi skor Anda, semakin banyak klik yang akan Anda dapatkan.

Lakukan Split-Testing

Mereka akan melakukan pengujian A/B reguler pada halaman arahan dan iklan baru Anda. Mereka akan melakukan eksperimen ini di seluruh corong PPC Anda. Ini akan membantu mereka mencapai hasil yang lebih akurat.

Analisis Kompetisi

Terakhir, mereka menganalisis kompetisi. Ini melibatkan identifikasi kata kunci yang digunakan pesaing Anda. Mereka juga mengungkap materi iklan yang digunakan pesaing Anda.

In-House atau Eksternal

Ingatlah bahwa tim pemasar internal Anda dapat melakukan manajemen PPC. Anda juga dapat memilih untuk menyewa penyedia eksternal. Mari kita lihat manfaat mempekerjakan secara eksternal:

Lebih Fokus

Manajer PPC eksternal menawarkan tingkat fokus yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan internal mereka. Yang terakhir mungkin menjadi terlalu terbebani dengan tanggung jawab lain. Tim eksternal, di sisi lain, hanya memiliki satu tugas untuk difokuskan.

Koneksi Profesional

Para profesional ini sudah memiliki hubungan dengan berbagai platform periklanan. Mereka memiliki pengetahuan tentang mengembangkan sistem yang tidak dimiliki orang-orang Anda.

Merekalah Ahlinya

Sederhananya, mereka adalah ahli di bidangnya. Mereka tahu seluk beluk industri ini. Mereka memiliki pandangan yang jauh lebih luas dalam hal pelaksanaan proyek PPC.

Jika Anda memutuskan untuk menyewa perusahaan yang menawarkan layanan ini, pilih salah satu yang menawarkan hasil luar biasa dengan harga terjangkau.

Meluncurkan Kampanye PPC

Mari kita lihat beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat meluncurkan kampanye PPC:

Penetapan Tujuan yang Tepat

Mulailah dengan tujuan yang jelas dan realistis. Data juga harus mendorong tujuan Anda. Gunakan metrik utama seperti nilai umur pelanggan, laba atas belanja iklan, dan laba atas investasi.

Anda juga perlu memasukkan biaya akuisisi pelanggan, margin produk, dan ukuran ideal rata-rata. Bersikaplah realistis dalam hal harapan Anda. Bertujuan tinggi tetapi jangan terlalu realistis.

Bersiaplah untuk Berbelanja Lebih Awal

Anda harus bersiap untuk mengeluarkan sejumlah uang di awal permainan. Pada awalnya, Anda perlu melihat apa yang terbaik untuk perusahaan Anda. Beri diri Anda satu bulan di mana Anda akan menghabiskan untuk tweak yang akan menyempurnakan kampanye Anda.

Perhatikan ide kata kunci baru. Perhatikan kata kunci negatif yang tidak memberi Anda banyak nilai. Identifikasi kata kunci terbaik Anda dan salurkan lebih banyak dana ke sana.

Terus Mengukur dan Mengoptimalkan

Terakhir, Anda perlu mendorong maju dalam mengoptimalkan kampanye Anda. Ukur hasil Anda secara konsisten. Singkirkan gerakan yang tidak cocok untuk Anda.

Jika Anda memutuskan untuk meluncurkan kampanye PPC, pastikan untuk menyelaraskannya dengan kampanye pemasaran media sosial Anda.

Melalui PPC dan Beyond

Manajemen PPC adalah alat yang efektif yang dapat membantu membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya. Tapi itu bukan satu-satunya alat yang harus Anda pertimbangkan.

Lihat artikel kami yang lain tentang pemasaran digital untuk bisnis. Kami membahas berbagai topik yang dapat membantu Anda bergerak maju, seperti yang membahas tips media sosial untuk bisnis kecil untuk membuat konten yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *