Tingkatkan Penjualan Online Anda: Cara Membuat Strategi Pemasaran eCommerce

Tingkatkan Penjualan Online Anda: Cara Membuat Strategi Pemasaran eCommerce

Mencari strategi pemasaran eCommerce baru?

Tahukah Anda bahwa tahun lalu eCommerce menyumbang lebih dari $504,6 miliar penjualan online? Dan itu hanya di AS. Pada tahun 2023, jumlah itu diproyeksikan mencapai $735.4 miliar.

Angka-angka itu memberi tahu kita satu hal, keras dan jelas. Jika penjualan eCommerce Anda tidak tinggi, itu bukan karena industri sedang mengebom. Masalahnya terletak, sebaliknya, dengan Anda.

Jadi, pertanyaannya adalah bagaimana Anda memperbaikinya? Pertama, Anda harus melacak lubang di sistem Anda. Kemungkinan masalahnya terletak pada (1) produk atau layanan Anda, (2) layanan pelanggan Anda, atau (3) kampanye pemasaran Anda.

Bagi sebagian besar dari Anda, masalahnya adalah pemasaran Anda. Jangan khawatir, artikel di bawah ini merinci 9 tips dari pemasar ahli untuk meningkatkan penjualan online Anda. Ketika Anda siap untuk penjualan meledak sehingga Anda akhirnya dapat melakukan perjalanan ke Tahiti, baca terus.

1 Gunakan SEO dalam Strategi Pemasaran eCommerce Anda

Jika Anda belum pernah mendengar tentang SEO sebelum hari ini, maka inilah saatnya untuk mempelajari istilah baru. SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. Pada dasarnya, ini adalah sekelompok strategi mekanis untuk meningkatkan peringkat Anda dengan mesin pencari.

AI sekarang menjalankan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo! Meskipun mereka dapat memproses data dalam jumlah besar, mereka tetap bukan pengganti otak manusia. Artinya, mereka bukan pengganti belum.

Mereka membuat langkah besar untuk meniru logika manusia, tetapi mereka belum mencapai tujuan itu. Sampai mereka melakukannya, mereka membutuhkan bantuan Anda untuk mencocokkan situs web Anda dengan kueri pengguna secara akurat. Ketika Anda melakukannya, Anda akan melihat peningkatan peringkat halaman situs web Anda.

Ketika peringkat halaman Anda melonjak, begitu juga lalu lintas situs web Anda. Dan lebih banyak lalu lintas sama dengan lebih banyak penjualan, yang persis seperti yang Anda cari.

Anda dapat melakukan perubahan SEO sendiri dengan alat seperti plugin Yoast SEO dan bundel Moz SEO. Beberapa perusahaan, seperti SEO Explode, menyarankan Anda memasukkan “SEO lokal” dalam strategi Anda karena ini adalah tren terbesar yang akan datang. Mesin pencari seperti Google dan Bing menggunakannya untuk membantu bisnis kecil bersaing dengan konglomerat yang lebih besar.

Kami menyarankan Anda mencoba membuat perubahan sendiri sebelum mencari bantuan dari luar. Dengan begitu Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang materi pelajaran, bahkan jika Anda memutuskan untuk melakukan outsourcing pekerjaan pada akhirnya.

2. Fokus pada Pelanggan yang Ada

Mengapa membuang-buang uang untuk melacak pelanggan baru jika Anda belum sepenuhnya memanfaatkan pelanggan yang sudah Anda miliki? Alih-alih, fokuskan upaya Anda pada retensi pelanggan. Loyalitas dapat berdampak besar pada laba Anda.

Saat Anda membandingkan pelanggan baru dengan pelanggan setia, pelanggan baru:

  • Memiliki lebih sedikit item di keranjang belanja mereka
  • Memiliki tingkat konversi yang lebih rendah
  • Hasilkan lebih sedikit pendapatan saat mereka mengunjungi situs Anda

Pelanggan setia sudah akrab dengan merek Anda. Mereka tidak memiliki kurva belajar karena mereka sudah tahu cara menggunakan produk Anda. Yang terbaik dari semuanya, mereka lebih cenderung merujuk teman dan keluarga.

Fokuskan upaya Anda sebagai gantinya pada program loyalitas pelanggan yang memberi pembeli insentif untuk membelanjakan lebih banyak saat mereka berbelanja. Anda dapat membuat program untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan atau hanya menambah jumlah produk yang Anda jual. Keduanya akan meningkatkan laba Anda.

3. Pergi Seluler

Tahukah Anda bahwa sekitar 79% orang Amerika berbelanja online, dan 51% telah membeli setidaknya satu item dengan ponsel cerdas mereka? Wah, 51%? Setengah dari pendapatan Anda berasal dari smartphone.

Tapi bagaimana Anda bisa memanfaatkan itu?

Sederhana, rancang situs Anda terlebih dahulu untuk ponsel cerdas. Kemudian desain untuk desktop. Situs web yang dirancang untuk perangkat seluler memerlukan lusinan penyesuaian kecil, banyak di antaranya bahkan tidak terlihat di desktop. Perangkat seluler lebih sulit untuk dirancang.

Dapatkan sendiri tema responsif seluler, jika Anda belum memilikinya. Jika Anda tidak membuat situs sendiri, sewalah seorang desainer web untuk membuat situs yang berfungsi dengan baik di perangkat seluler dan desktop.

4. Gunakan Ikon yang Menunjukkan Kepercayaan Anda

Ada lebih dari 1,63 miliar situs web yang beroperasi saat ini. Banyak yang sudah ketinggalan zaman, dan ada juga yang scam.

Pembeli menghadapi kemungkinan penipuan setiap kali mereka menuju ke konter pembayaran digital mereka. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda, tenangkan pikiran mereka. Gunakan ikon yang membuktikan kepercayaan Anda.

Pertama, pastikan situs Anda menggunakan sertifikat SSL yang aman. Pembeli dapat melihat apakah situs Anda disertifikasi dengan mencentang kotak URL di browser web mereka. Jika situs Anda bersertifikat, kata “Aman” akan ditampilkan sebelum alamat web Anda.

Anda juga dapat menambahkan ikon, seperti yang diberikan oleh Better Business Bureau, VeriSign, dan PayPal. Pastikan Anda menunjukkan lencana ini di layar checkout dan di samping formulir apa pun yang harus diisi pengunjung.

5. Tingkatkan Salinan Anda

Salinannya adalah teks di halaman Anda. Sayangnya, ini adalah elemen yang paling diabaikan di situs eCommerce. Mereka lebih fokus pada pengoptimalan gambar dan tata letak halaman dan melupakan kata-kata. Tetapi kata-kata itulah yang mendorong pelanggan Anda untuk membeli produk Anda.

Kami menyarankan Anda untuk fokus terlebih dahulu mempelajari cara menulis salinan. Anda dapat menggunakan keterampilan copywriting yang Anda ambil secara harfiah di setiap halaman yang Anda buat. Ini dapat mempengaruhi pelanggan yang berada di pagar, dan membujuk pembeli yang tidak menjual produk Anda.

6. Terima Opsi Pembayaran Berbeda

Salah satu tip dan trik eCommerce yang paling sederhana adalah menawarkan lebih banyak opsi pembayaran. Semua toko digital menawarkan opsi kartu kredit. Pastikan Anda menyertakan Mastercard, American Express, dan Discover.

Semakin banyak opsi yang Anda tawarkan, semakin kecil kemungkinan Anda kehilangan calon pelanggan karena konflik pembayaran. Itu sebabnya Anda tidak boleh berhenti dengan kartu kredit. PayPal juga merupakan keharusan saat ini.

Anda mungkin juga ingin melihat Apple Pay dan layanan serupa. Lanskap keuangan berubah setiap tiga bulan, jadi pastikan untuk memeriksa tren terbaru.

7. Jangan Lewatkan!

Fear of missing out (FOMO) bisa dibilang merupakan taktik penjualan terbesar yang dapat digunakan pemasar untuk meningkatkan penjualan mereka. Ketika Anda menciptakan rasa urgensi, pembeli dipaksa untuk membuat keputusan. Ini memaksa penjaga pagar untuk membeli daripada terus menelusuri web dan melupakan Anda.

Bagian penting dari pemasaran eCommerce berfokus pada tingkat konversi. Dengan kata lain, berapa banyak pengunjung yang benar-benar melakukan pembelian di situs Anda dan berapa banyak yang hanya window shopping?

Cara termudah untuk menerapkan FOMO adalah dengan membuat item yang dijual dalam jumlah terbatas. Metode lainnya adalah dengan menggunakan timer dan menghitung mundur sampai akhir penjualan.

8. Fokus pada Liburan

Waktu liburan secara historis adalah waktu di mana konsumen paling bersedia mengeluarkan uang. Jika Anda membuat kampanye pemasaran khusus untuk liburan, Anda akan melihat laba atas investasi yang lebih besar.

Black Friday, Natal, dan Hari Kasih Sayang adalah keharusan mutlak. Liburan lainnya termasuk hal-hal seperti Cyber ​​Week, Spring Break, dan Empat Juli juga merupakan hari penjualan besar.

9. Pamerkan Penjual Teratas Anda

Anda ingin mendapatkan jarak tempuh maksimal dari apa yang sudah Anda miliki. Itu sebabnya kami menyarankan Anda untuk fokus pada pelanggan setia Anda. Itu juga mengapa kami menyarankan Anda untuk menempatkan barang-barang terlaris Anda di depan dan di tengah.

Ada alasan mengapa barang-barang itu laris manis. Bermodalkan di atasnya. Letakkan langsung di bawah gambar pahlawan di bagian atas halaman Anda, sehingga semua pengunjung Anda akan melihatnya. Dijamin bisa meningkatkan penjualan Anda.

Apa berikutnya?

Anda sekarang telah mempelajari 9 tips baru untuk meningkatkan strategi pemasaran eCommerce Anda. Mulailah dengan yang paling mudah diterapkan kemudian lanjutkan ke yang lainnya. Dan itu hanya puncak gunung es.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang meningkatkan tingkat konversi Anda, kunjungi perpustakaan kami yang penuh dengan artikel pemasaran brilian lainnya. Sekian dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *